SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI

SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI - Hallo sahabat AutooZonee, Pada sharing kali ini yang berjudul SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI, saya telah menyediakan informasi-informasi seputar Otomotif. Mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat bermanfaat buat anda. okelah, ini dia informasi seputar otomotifnya.

Otomotif : SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI
Judul : SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI

lihat juga


SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI

SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI


Perbedaan paling mendasar antara sistem karburator dengan sistem injeksi pada suplai system bahan bakar adalah  pada sistem injeksi, suplai bahan bakar dari tangki bensin ke ruang bakar dikontrol secara elektronik oleh ECM, sedangkan pada sistem carburator, suplai bensin dari tangki ke ruang bakar masih dikontrol oleh kunci kontak.

SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI

Komponen utama dari fuel delivery system adalah :
  1. Fuel pump
  2. Fuel filter
  3. Fuel pressure regulator
  4. Pulsation dumper
  5. Injector

Diagram system bahan bakar EFI

Fuel Pump
            Pada semua tipe mesin dengan injeksi / mesin EFI, penempatan pompa bensin selalu ada di dalam tangki bensin. Tipe yang digunakan adalah elektrik dengan motor listrik. Pompa terdiri atas motor, pompa itu sendiri, check valverelief valve dan filter yang diletakkan di saluran masuk pompa.
SISTEM BAHAN BAKAR

Fuel Filter


SISTEM BAHAN BAKAR
Fuel Filter berfungsi menyaring kotoran–kotoran dan partikel asing lainnya dari bensin supaya tidak masuk ke injektor. Fuel filterdipasangkan pada saluran tekanan tinggi dari fuel pumpFuel filter ada yang diletakkan di luar tangki bensin, ada juga yang diletakkan di dalam tangki bensin.

Fuel Pressure Regulator
SISTEM BAHAN BAKAR

  • Fuel Pressure Regulator berfungsi mengatur tekanan bensin yang ke injector – injector. Jumlah injeksi bensin dikontrol sesuai lama signal yang diberikan ECU ke injector. Oleh karena itu tekanan tetap pada injektor harus dipertahankan.
  • Karena adanya perubahan tekanan pada bensin (injeksi bensin oleh injector) dan variasi perubahan vacuum intake manifold, jumlah bensin yang diinjeksikan sedkit berubah sekalipun signal injeksi dan tekanan bensin tetap. Oleh karena itu, agar jumlah injeksinya tepat, tekanan bensin harus dipertahankan pada 2,1 ~ 2,6 kg/cm2

Pulsation Damper
SISTEM BAHAN BAKAR



Pulsation damper terpasang pada delivery pipe berfungsi menyerap variasi tekanan bensin yang diakibatkan perubahan kevakuman intake manifold dan penginjeksian bensin oleh injector untuk membantu mempertahankan tekanan bensin pada 2,1–2,6 kg/cm2 di dalam pipa pembagi (delivery pipe)

Injector
SISTEM BAHAN BAKAR
Injektor adalah nosel electromagnet yang bekerjanya dikontrol oleh ECU untuk menginjeksikan bensin ke intake manifold. Injektor dipasangkan di ujung intake manifold dekat intake port(lubang pemasukan) dan dijamin oleh delivery pipe.




Demikian SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI

Sekian Informasi SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua.

Anda sedang membaca artikel SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI
Bagikan artikel tentang : SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI ke teman anda lumayan buat nambah pahala hehe.

0 Response to "SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel System) EFI"

Post a Comment