OHV, SOHC, DOHC Pada Mesin Mobil

OHV, SOHC, DOHC Pada Mesin Mobil - Hallo sahabat AutooZonee, Pada sharing kali ini yang berjudul OHV, SOHC, DOHC Pada Mesin Mobil, saya telah menyediakan informasi-informasi seputar Otomotif. Mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat bermanfaat buat anda. okelah, ini dia informasi seputar otomotifnya.

Otomotif : OHV, SOHC, DOHC Pada Mesin Mobil
Judul : OHV, SOHC, DOHC Pada Mesin Mobil

lihat juga


OHV, SOHC, DOHC Pada Mesin Mobil

Camshaft atau poros nok merupakan komponen penggerak katup mesin, komponen ini menentukan sudut pembukaan katup mesin baik katup In (masuk) maupun katup Ex (buang). Menurut letak Camshaft nya mekanisme penggerak katup dikelompokkan menjadi beberapa jenis, masing-masing jenis memiliki karakteristik berbeda.

Mekanisme Penggerak katup berdasarlan Letak dan Jumlah Camshaft

OHV ( Over Head Valve )

OHV, SOHC, DOHC
Mesin pada jenis OHV Camshaft terletak di dalam blok silinder mesin, digerakkan oleh crankshaft dengan perantara gigi (gear) / timing gear dan untuk menggerakkan valve (klep) melalui perantara pushrod

Kelebihan OHV (Over Head Valve) :
  • Konstruksi sederhana / simpel sehingga bentuk mesin ringkas
  • Awet dan bandel, terbukti banyak mobil-mobil tua yang masih berkeliaran
Kekurangan / Kelemahan OHV :
  • Tidak tahan pada putaran / rpm tinggi, mentok hanya sampai 9000 rpm, bandingkan dengan mesin sohc yang biasa dipakai balap bisa nembus14000 rpm, atau mesin dohc yang bisa tembus 18000 rpm, hal ini dikarenakan adanya push rod yang menghambat pergerakan pada putaran tinggi
  • Tidak bisa menggunakan banyak katup, jadi maksimal 1 silinder 2 (1 katup In dan 1 katup Ex), yang menjadi penghambat peletakan banyak katup dalam 1 silinder dikarenakan adanya mekanisme pushrod, jadi tidak bisa sembarangan meletakkan katup / klep
  • Lebih boros lantaran tidak bisa mengaplikasikan variable valve timing, padahal kita tau vvt bisa membuat mesin irit.

SOHC ( Single Over Head Camshaft )

Mesin pada jenis SOHC Camshaft terletak di dalam  silinder Head, digerakkan oleh crankshaft dengan perantara timing belt / Timing chain / Timing Gear dan untuk menggerakkan valve (klep) melalui perantara rockerarm

Kelebihan dan Keunggulan dari SOHC yaitu:
  • Dapat mengaplikasikan multi valve ,bisa di isi klep lebih dari 2 buah, bisa 3 ataupun 4
  • Lebih murah dibandingkan dengan mesin DOHC
  • Momen / Torsi putaran bawah lebih bagus daripada mesin DOHC
Kelemahan / kekurangan dari SOHC :
  • Momen / tenaga pada putaran atas lebih rendah dari mesin DOHC
  • Pembakaran busi blm sefokus kayak DOHC karena tidak dipasang ditengah-tengah 

DOHC ( Double Over Head Camshaft )

OHV, SOHC, DOHC
Mesin pada jenis DOHC Camshaft ganda (twincam) / jumlah poros nok 2, terletak di dalam silinder  head, digerakkan oleh crankshaft dengan perantara timing belt atau timing chain. Valve (klep) IN dilayani oleh satu camshaft demikian pula valve EX juga dilayani oleh satu camshaft. Baca juga Mekanisme Katup berdasarkan Jenis penggerak.

Kelebihan dan keuntungan mesin DOHC adalah:
  • Tenaga / torsi besar pada putaran atas atau rpm tinggi
  • Mengaplikasikan multi Valve / banyak klep
  • Dapat mengaplikasikan variable valve timing
  • Pembakaran lebih efektif dan efisien, busi bisa diletakkan tengah-tengah
Kekurangan / kelemahan mesin DOHC adalah :
  • Biaya mahal, lantaran konstruksi rumit
  • Mesinnya berat, lantaran banyak sparepart yang digunakan
  • Tenaga putaran bawahnya rendah



Demikian OHV, SOHC, DOHC Pada Mesin Mobil

Sekian Informasi OHV, SOHC, DOHC Pada Mesin Mobil, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua.

Anda sedang membaca artikel OHV, SOHC, DOHC Pada Mesin Mobil
Bagikan artikel tentang : OHV, SOHC, DOHC Pada Mesin Mobil ke teman anda lumayan buat nambah pahala hehe.

0 Response to "OHV, SOHC, DOHC Pada Mesin Mobil"

Post a Comment